siap atau tidak, itu saja!


Dalam jangka waktu 2 tahun ke depan, 2010 nanti tepatnya, Indonesia akan berhadapan langsung dengan negara-negara Asean lainnya. Ada apa memang? AFTA (Asean Free Trade Area) akan datang menjelang pada 2010 nanti. AFTA merupakan sebuah mekanisme regionalisme ekonomi, atau dengan kata lain pasar terbuka regional Asia Tenggara.

Lantas apa yang menjadi masalah?

Begini, dalam AFTA nanti, saya membayangkan semua batasan antar negara dalam wilayah Asean akan semakin samar, boleh dibilang hampir setara dengan yang dihadapi oleh Uni Eropa hari ini. Persaingan yang ketat antar warga negara itu poin yang yang paling penting. Kita akan bersaing langsung dalam mencari pekerjaan dengan kawan-kawan dari negara Asean lainnya. Yang biasa menjadi petani, mungkin produknya akan bersaing ketat dengan produk dari Thailand, Vietnam, dan Filipina. Yang biasa menjadi pedagang, mungkin di dalam kiosnya akan kebanjiran banyak produk-produk dari Singapura, Malaysia, Thailand, dan negara lain. Yang bekerja sebagai pekerja di sektor lainnya, pun akan begitu.

Solusi?

Intinya, 2 tahun lagi, mungkin hidup akan semakin sulit, jika dan hanya jika, kita tidak bersiap dari sekarang. Ingat, hanya akan semakin sulit, bila kita tidak bersiap-siap. Bila kita mau bersiap, at least sebagai individu dan melupakan negara sebagai sebuah wadah warga negara, banyak hal yang bisa diraih pastinya. Karena yang berkuasa adalah pasar, maka jalan yang harus diambil adalah menjadi yang terbaik diantara produk atau manusia yang ada di pasaran. Jalan lainnya adalah membuat trend (bukan dlm arti gaya hidup), mempengaruhi pasar sehingga kita menjadi trend-setter.

———

Bagaimana Kawan? Sanggup mempersiapkan diri? 2 tahun memang bukan waktu yg panjang, tapi yakinlah dalam diri sendiri, bekerjalah sebagai ibadah, bergeraklah untuk kemajuan bersama!

Kita bisa! Kita bisa! Kita bisa!

Author: Aditya Sani

I would love to encourage people to read, to think and to typewrite. Founder of Midjournal.com.

8 thoughts on “siap atau tidak, itu saja!”

  1. Persiapan terbaik adalah mempersiapkan diri kita secara sungguh-sungguh. Kita siapkan skill kita, kita siapkan pengetahuan kita. Minimal, persiapkan bahasa Inggris kita… hehehehehe

    Ya, sapa tau kita bisa ekspansi usaha ke negara ASEAN lain. Jadi kan, perlu menguasai bahasa Inggris. Toh, orang Malaysia, Singapura, dan Filipina memiliki kemampuan English yang lebih baik dari kita…

    Anyway, Kita harus bisa…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s