16 agustus (film iklan oleh sampoerna)


::klik gambar untuk melihat trailer film ini::

Ini adalah sebuah film yang dibuat oleh Sampoerna Foundation, dalam setiap iklannya tidak disebutkan siapa yang memproduseri, sutradaranya, pemainnya. Yang saya tangkap, film ini akan menceritakan kembali perjuangan golongan muda (Sukarni, Chairul Saleh dan Wikana) dalam mendorong kemerdekaan Indonesia, melalui peristiwa pengamanan Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok.

Perlu diingat film pendek ini hanya tayang HARI INI, TANGGAL 16 AGUSTUS 2008, JAM 9 MALAM, DI RCTI, SCTV, TRANSTV, TRANS7, DAN METRO TV.

Jadi, jangan anda lewatkan! Merdeka!

——————————————–

Setelah menunggu kurang lebih 1 jam..

Film yang ditunggu tidak kunjung tayang.

Dan ternyata, kalau boleh saya menyimpulkan film ini merupakan salah satu cara yang ingin diangkat oleh Sampoerna bekerja sama dengan Lowe productions dan Babi Buta Films untuk memperingati HUT Republik Indonesia 17 agustus 1945. Film pendek berbentuk trailer ini mengangkat kisah Rengasdengklok ke hadapan para pemirsa tivi di Indonesia.

Berikut petikan wawancara dengan Niken Rachmad (NR), Director Corporate Communications PT HM Sampoerna Tbk.

Apa tujuan dari trailer 16 Agustus ini?

(NR) : Sebenarnya intinya adalah kita mau memperingati 17 agustus ya, hari kemerdekaan, tapi kan memang sudah banyak tema-tema 17 agustus.. Nah, ada suatu saat ya, dimana proses itu berjalan.. karena kalau tidak melihat prosesnya itu, kita juga tidak bisa mengambil hasil yang tepat. Jadi, sebenarnya kita juga harus mengajarkan kepada para generasi muda ini bahwa proses itu penting untuk melihat suatu hasil yang kita capai, yang kita nikmati sekarang ini. Jadi, sejarah dibelakangnya itu apa, detik-detik yang menentukan, bahwa hingga kemudian terjadi sesuatu pada tanggal 17. Itu juga saya rasa penting untuk diketahui para generasi muda.

Apa yang melatar belakangi keputusan Sampoerna?

(NR) : Ide itu ya, kebetulan ide itu muncul, terus terang ide itu juga diusulkan oleh agency ya, teman-teman dari Lowe. Belum banyak ya, tidak banyak yang menggali proses sebelumnya itu (maksudnya proses menjelang proklamasi). Nah, kurang lebih kemudian setelah menimbang sekitar beberapa bulan dari mulai awal tahun ini ya, kira-kira kita, kemudian kita bulatkan suatu konsep ya, ya ini betul, ini adalah suatu hal yang bagus, pembelajaran untuk generasi muda, sekaligus juga mengingatkan kembali kepada peran-peran pemuda pada saat itu, karena yang ditonjolkan disini adalah bukannya hanya hasilnya. tapi, proses tersebut, siapa yang melakukan proses itu, adalah para pemuda.

———————————

FIlm ini mengingatkan pada satu hal, bahwa peran pemuda pada perjuangan bangsa Indonesia dulu sangat penting, dan kini kembali diperlukan untuk membangkitkan semangat juang bangsa yang nampaknya semakin terpuruk. Bahwa, generasi yang ada saat ini, mungkin bisa dibilang generasi yang instan, dan cenderung tidak peduli pada proses yang menjadi penentu dari hasil yang ingin dicapai. Nah, walaupun saya kecewa karena ternyata film ini adalah hanya film pendek, dan lebih berbentuk iklan. Tapi saya salut, karena paling tidak, Sampoerna, Lowe, dan Babi Buta Films peduli pada bangsa ini, terutama proses yang membentuknya. Salut!

*) gambar saya scan dari harian Kompas, 16 Agustus 2008

*) petikan wawancara dikutip dari 16agustus.com

Author: Aditya Sani

I would love to encourage people to read, to think and to typewrite. Founder of Midjournal.com.

20 thoughts on “16 agustus (film iklan oleh sampoerna)”

  1. aku nunggu itu pilem, tapi telat nyalain tipi๐Ÿ˜ฆ
    eh, dah baca TEMPO edisi baru?
    ada cerita tentang ide rengasdenglok itu bermula dari mana..
    dan TAN MALAKA memang keren..

    segera mencari lapak tempo terdekat.. sepakat soal Tan Malaka..

  2. Film indonesia terkeren! Tp sayang cm film pendek. Ada yang mau bikin film panjangnya? Saya tunggu bgt.

    sepakat! kita punya talent yang bagus, kenapa sampoerna gak membuat film versi panjangnya ya.. hmm..

  3. Andaikan gw seorang filmaker… gw pengen banget buat film berlatar belakang sejarah. Salah satunya 16 Agustus 1945.

  4. ak jg nunggu tuh film tp ga ada klo bisa lebih sering dong bikin film sejarah jd para pemuda saat ini jg tdk melupakan perjuangan para pemuda pd masa lalu dan kt harus percaya bahwa kta bs melakukannya MERDEKA ATAU MATI

  5. hah.. banyak yang senasib tertipu nungguin tuh film ternyata… kirain film panjang, ga taunya bener-bener pendek sampe ga nyadar.

  6. hooooo…..
    itu emang cuma 2 menit yak..?
    nungguinnya sampe berantem ama teman kost yg nungguin Laksamana Cheng Hodi MetroTV..
    eh…udah berantem2,, malah ga tayang..
    emang ada sih liat yg 2 menit ntu.. tapi kirain itu baru cuplikan promosinya..
    ampe diketawain teman se-kost tau.. nungguinnya ampe jam 12 malem..
    sebeeelll…
    “cuplikannya” sih emang keren..

  7. ker kadepan tolong atuh tayangin filmnya yang panjang terus dijadikan film khusus buat mengenang para pejuang kita. biar para pemuda sekarang pada tahu gimana perjuangan para pahlawan kita buat ngarebut kemerdekan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s