jejaring berbagi ilmu


jejaring-bagi-ilmu1
Gambar ini berkaitan dengan posting sebelumnya (berjudul: Semangat Wiyoto). Direka dari novel dan film berjudul "Pay It Forward".

Setiap orang bisa melakukan kerangka kerja yang terlihat pada gambar. Bagaimana? Mudah saja. Kenali terlebih dulu, keahlian apa yang mungkin Kawan-kawan miliki. Setelah dikenali, temukanlah orang-orang yang tidak anda kenal, yang terlihat memiliki semangat yang lebih namun terbatas karena tidak didukung cukup keahlian. Seperti contoh yang saya tuliskan pada posting sebelumnya, Wiyoto begitu bersemangat untuk bisa mengembangkan diri, tetapi untuk bisa lebih berkembang dia memerlukan kemampuan menguasai komputer. Maka saya coba ajarkan dia cara menguasai MS.Office, dll, supaya nantinya dia bisa berkembang. Atas ilmu yang diberikan, jangan pernah meminta biaya. Mintalah dia yang sudah kita bantu, untuk berjanji agar membantu 3 orang lain lagi. Yang diharapkan adalah, dengan cara ini, semua orang akhirnya bisa tersadar bahwa berbagi itu penting. Semua akan lebih baik, bila kita sebagai manusia tidak lagi mengejar keuntungan diri sendiri, tetapi juga membantu manusia lainnya yang membutuhkan bantuan.

Percayalah, banyak hal yang bisa kita lakukan dengan skema diatas. Indonesia punya banyak orang yang pintar, tapi Indonesia juga punya banyak orang yang kurang memiliki kemampuan. Saya membayangkan, semua orang di negeri ini melakukan hal yang sama, membentuk sebuah jejaring kebaikan yang sinergis. Kurang indah apa hidup ini, bila melihat hal tersebut terjadi?๐Ÿ™‚

Author: Aditya Sani

I would love to encourage people to read, to think and to typewrite. Founder of Midjournal.com.

22 thoughts on “jejaring berbagi ilmu”

  1. @ yogie: walah..yang ini bukan mlm..gmana mau cari profit coba? pada intinya adalah membantu org lain. tanpa pamrih, makanya lebih baik kalau org yg dibantu yg tidak kita kenal. dgn bentuk apapun bantuan itu.

  2. betul kata imam. gak cuma 1 orang, tapi 2-3 orang…๐Ÿ˜›

    baru-baru ini abis nonton pay it forward juga. cuma kok rada pesimis ya untuk di indonesia ini…๐Ÿ˜

  3. Setuju banget. Tumbuhkanlah kesadaran bahwa sesuatu tak selalu harus dinilai dengan uang. Berbagi ilmu tak seharusnya bernilai ekonomis. Berbagi ilmu, mungkin adalah hal yang paling bisa kita lakukan, apa pun itu ilmunya.

  4. Stlh baca ini saya akan langsung nodong kalian semua yg pernah hadir di FreSh, utk sharing apapun pengalaman kalian ke siapapun juga mulai dari sekarang.

    Jangan cuma 3 orang, saya minta kalian nyebarnya ke minimal 20 orang ya! Terserah mau pakai cara apa!

    hihihi.. *todongan maut mode on*

  5. :)) bener pertama kali liat juga kok kayak MLM. Tapi sebenernya ga’ apa-apa juga siy… Yang penting kan konsepnya: menganak pininakan kebaikan. Hari gini barang langka tuh!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s