Obsesi #1


Membuat Jakarta menjadi kota yang lebih baik. Mimpi? Mungkin. Obsesi? Jangan-jangan begitu. Apa saya sendiri? Mungkin iya, mungkin juga tidak.

Anda mungkin bertanya, apa yang membuat saya begitu bersemangat? Apa motivasi saya? Kenapa saya mau merepotkan diri sendiri? Apa untungnya buat saya pribadi?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan itu sejujurnya sulit. Entah berapa bulan saya habiskan untuk mencari jawabannya. Ah, dalam hati Anda akan bilang: dasar sok kontemplatif! Kata saya, Biar!

Ada satu jawaban sederhana untuk pertanyaan-pertanyaan itu. Karena saya hidup di Jakarta, maka saya bertanggung jawab sebagai Warga, dan punya Hak untuk Jakarta yang lebih baik. Saya balik pertanyaan yang ada kepada Anda ya: Apakah Anda akan membiarkan generasi di bawah kita hidup dibawah garis nyaman? Apakah Anda masih merasa nyaman dengan Jakarta yang ada saat ini? Tidakkah sebagai Warga, Anda juga bertanggung jawab untuk menjaga Jakarta?

Maaf, saya terpaksa menggunakan kata sapaan โ€œAndaโ€ karena rasa jengah ini sudah membuncah dan mulai menekan ubun-ubun.

Anyway, anyhow.

Teman-temanku, saudara-saudariku, sesama Warga Jakarta.

Apa yang kita mau dari kota Jakarta? Kota seperti apa yang diinginkan dan diimpikan? Dan sudahkah kita mengambil langkah untuk berbuat sesuatu? Sudahkah?ย ๐Ÿ™‚

Silakan dijawab di hati masing-masing ya..

::Tulisan ini nanti saya sambung lagi ya..::

Author: Aditya Sani

I would love to encourage people to read, to think and to typewrite. Founder of Midjournal.com.

3 thoughts on “Obsesi #1”

  1. Di tahun terakhir kuliah saya pernah berjanji gak akan mau kerja di Jakarta. Bisa gila saya nanti. Alasannya ya karena… Jakarta adalah Jakarta, yang di alam bawah sadar saya tergambar segala keruwetan, kemacetan, ketakutan, dan sumpah serapah.

    Lalu pelan saya mulai berpikir, kalau jalan pikiran saya gak dipengaruhi keadaan sekitar mungkin saya akan bisa bertahan di Jakarta. Mungkin juga bukan sekedar bertahan, tapi membuat keadaan lebih baik. Dalam hitungan bulan, bisa jadi saya jadi salah satu penghuni Jakarta juga๐Ÿ˜€

    Eh tadi disuruh jawab dalam hati ya? Udah terlanjur diketik, je๐Ÿ˜›

Leave a Reply

