berkabung


pagi tadi, saya pikir cuaca yang agak berawan akan membuat mood saya di level yang menyenangkan. tetapi, ternyata pikiran saya salah. mood saya hancur sesaat setelah menyaksikan siaran langsung breaking news oleh tvone dan metrotv dari lokasi bentrokan di makam mbah priuk di tanjung priok, jakarta utara. ya, telah terjadi bentrokan antara warga koja yang juga ahli waris makam (didukung oleh fpi) dengan satpol pp yang sedang melakukan eksekusi “renovasi” atas tanah makam.

maaf, bagaimana kronologis peristiwanya tidak akan saya tulis di blog ini. silakan cari kronologisnya via google atau masuklah ke situs-situs berita nasional.

bagi saya pribadi, apa yang dilakukan kedua belah pihak sama salahnya. kedua belah pihak, lupa. kekerasan tidak akan pernah menyelesaikan masalah. saya ulangi, kekerasan tidak akan pernah menyelesaikan masalah. kekerasan hanya akan menyisakan satu hal: dendam.

dan mereka-mereka yang memimpin kota ini harus bertanggung jawab untuk semua tindakan yang tidak diambil ketika bentrokan terjadi. gubernur, wakil gubernur, walikota jakarta utara, kepala satpol pp, simpan permintaan maaf kalian. permintaan maaf sebesar apapun tidak akan memperbaiki apa yang sudah terjadi. tidak akan mengembalikan mereka yang tewas karena bertarung di antara gapura makam.

hari ini, kekerasan, entah kenapa terasa lekat dengan anak bangsa.

satu yang bisa dilakukan, mari kita bacakan surah al-fatihah untuk semua korban yang telah jatuh, untuk keluarga korban yang ditinggalkan, dan untuk dendam yang meraja dalam hati dan pikiran mereka yang siang tadi bertarung. semoga Allah SWT mengampuni apa yang mereka lakukan.

Author: Aditya Sani

I would love to encourage people to read, to think and to typewrite. Founder of Midjournal.com.

2 thoughts on “berkabung”

  1. Menambah list daftar malu di luar negri, kapan Indonesia itu bisa tenang tentran sejahtera loh jinawi ya???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s