Tiga cara pandang sebuah Partai Politik


National Institute for Democratic Governance (NIDG) tempat saya saat ini membangun karier merupakan sebuah lembaga yang berusaha untuk menjadi motor yang dapat mengubah Dewan Perwakilan Rakyat menjadi Lembaga Legislasi yang memiliki tata-kelola yang lebih akuntable, transparan, efektif dan efisien.

Dalam keseharian kerja kami, kerap berlangsung diskusi yang menarik terkait issue-issue tertentu. Di suatu sore yang sejuk, Bapak Marzuki Darusman, Advisor NIDG berbagi sedikit ilmu yang beliau miliki setelah bertahun-tahun berkarya di dunia politik. Berikut catatan saya ..

Cara pandang sebuah Partai Politik dapat dibagi ke dalam tiga hal, yaitu:

1. Cara pandang atas Pertumbuhan

Pertanyaan-pertanyaan sederhana yang muncul adalah: Bagaimana Partai Politik melihat sektor ekonomi sebagai pendukung kehidupan berbangsa dan bernegara? Bagaimana kepentingan nasional itu akan diperjuangkan oleh Partai Politik untuk negara?

Partai Politik harus memiliki sikap dan cara pandang yang jelas dalam melihat, dan mendorong aspek Pertumbuhan Ekonomi.

Partai Politik sebagai representasi konstituen perlu menjadi yang terdepan dalam menjaga eksistensi (survivalitas) Bangsa dalam aspek pertumbuhan ekonomi.

Partai Politik saat ini cenderung bersikap oportunistik, ketimbang pragmatis. Seharusnya, sebuah Partai Politik memandang segala hal dengan pendekatan Pragmatis, sehingga dengan sadar mencari jalan keluar dari masalah yang menimpa Negara dan Bangsa tanpa meninggalkan prinsip-prinsip dan nilai yang ada.

2. Cara pandang atas Persatuan dan Kesatuan

Dalam berbangsa dan bernegara, Partai Politik harus menjunjung prinsip Keadilan dan Kesamarataan. Karena kedua prinsip itu yang menjadi dasar penggerak dari terbentuknya Persatuan dan Kesatuan.

Bagaimana Partai Politik memandang individu yang hidup dalam sebuah masyarakat? Aspek tersebut bisa dilihat dari bagaimana Partai Politik memandang individu dalam masyarakat.

Lalu muncul pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti: Bagaimana cara pandang dalam konservatifisme memperlakukan individu sebagai entitas yang bertanggung jawab atas dirinya sendiri? Bagaimana cara pandang dalam liberalisme memperlakukan individu sebagai bagian utuh dan pelengkap dari masyarakat?

3. Cara pandang atas Hubungan Internasional

Bagaimana Partai Politik memperjuangkan nilai-nilai yang dijunjung oleh negara-negara di dunia?

Dalam memandang negara sebagai bagian dari lingkungan regional dan atau Internasional, Partai Politik harus mendorong negara dalam menginternasionalisasikan nilai-nilai universal yang dijunjung bersama. Sebagai negara demokrasi, misalnya, maka Indonesia harus menyebarkan nilai-nilai yang selama ini terinstitusionalisasi di dalam kehidupan bernegara dan berbangsa.

Bagaimana Indonesia bisa bertahan dengan prinsip-prinsip demokrasi bila lingkungan negara-negara di sekitarnya tidak demokratis. Hal ini menjadi penting karena berpengaruh terhadap ruang gerak dalam internal lingkungan regional seperti ASEAN, atau dalam scope lainnya yang lebih kecil.

Demikian pointers acak yang bisa saya catat mengenai diskusi tersebut. Sebetulnya tulisan ini baru draft saja, nanti saya coba kembangkan lagi ya.

 

Author: Aditya Sani

I would love to encourage people to read, to think and to typewrite. Founder of Midjournal.com.

1 thought on “Tiga cara pandang sebuah Partai Politik”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s