Indonesia di AFF


Saya memang bukan pengamat persepakbolaan yang baik. Tapi, kali ini saya ingin menulis sesuatu yang mungkin dirasakan juga oleh mereka yang sesama -bukan pengamat bola-.

Selama 10 tahun terakhir, sepakbola tidak pernah menjadi olahraga kebanggaan Indonesia. Kita bahkan hampir tidak punya kebanggaan sama sekali, hampir untuk semua hal. Saya ulangi, hampir semua hal. Kecuali mungkin pada beberapa olimpiade ilmu pengetahuan, seperti fisika, matematika dan dunia. Itu pun sangat jarang mendapatkan momentum hingga menjadi kebanggaan Indonesia. Nah, sepakbola dalam dua minggu terakhir mendapatkan momentum tersebut.

Momentum, momentum, momentum.

Titik yang mungkin belum tentu bisa dicapai lagi bahkan dalam hitungan dekade. Sebuah titik yang bila bisa dicapai akan membuat perubahan yang begitu besar pada suatu keadaan, keadaannya Indonesia.

Kenapa momentum dalam pertandingan-pertandingan sejak semifinal piala AFF menjadi begitu penting? Jawabannya sesederhana, rakyat Indonesia membutuhkan sesuatu yang bisa dibanggakan oleh mereka, yang bisa dibagikan dalam cerita di hari-hari esok walaupun kepada teman sendiri yang mungkin juga menyaksikan hal yang sama. Tapi, toh mereka bisa tersenyum mengenangnya.

Anda lihat kekecewaan rakyat Indonesia saat menyaksikan timnas yang kalah saat bermain tandang di Kuala Lumpur? Anda, harusnya bisa sadar dan dengan jelas mengatakan bagaimana wajah Anda saat melihat kiper timnas, Markus, di sorot dengan laser hijau? Atau saat Firman Utina sebagai pemimpin tim di lapangan memilih mengajak walk-out dari pertandingan setelah berusaha menerjemahkan kekhawatiran rekan-rekannya karena ditekan secara psikologis oleh pendukung tim Malaysia?

Saya ingin bertanya, bagaimana kecewanya wajah Anda saat menyaksikan pertandingan final AFF leg-1 di TV/ mendengarkannya di Radio? Bahwa setelah ditekan secara psikologis, mental pemain timnas Indonesia merosot tajam, dan kehilangan fokus untuk menjaga pertahanan hingga akhirnya gawang jebol tiga kali? Bagaimana kecewanya wajah Anda? Hancur ya? Berkeping-keping ya? :p

Agregat skor sementara untuk Indonesia 0-3.

Tim Indonesia sebetulnya beruntung karena pertandingan berlangsung dua kali menggunakan sistem home and away. Dan kita beruntung karena kesempatan kedua adalah pertandingan home, yang berarti kita punya home-supporters advantages. Karenanya, jangan kecewa dulu, sadari keuntungan itu. Hidupkan energi positif yang kita punya sehingga mental pemain tim kita bisa bangkit kembali. Anda sadarkan kalau energi, baik positif maupun negatif bisa menular? Bayangkan bila kita keburu kecewa, dan menularkan energi negatif kepada para pemain timnas? Habislah mereka. Sejarah tentang Indonesia yang juara piala AFF bisa batal ditulis. Kan?

Sekarang bayangkan juga bila rakyat Indonesia bisa menularkan energi yang positif kepada para pemain timnas? Terbayang kelak hasilnya? Mungkin, mungkin agregat skor sementara yang 0-3 itu bisa berubah menjadi 6-3. Mungkin? Kan?

Ingat energi dari Rakyat kita bila dikumpulkan bisa begitu besar. Semuanya dikembalikan kepada Anda, apakah ingin membantu timnas dengan membentuk medan energi positif dan mendorong timnas untuk segera bangkit, atau menjatuhkan timnas sendiri karena medan energi negatif yang tidak terkontrol, menular dan membuat mental pemain terperosok lebih jauh?

Saya? Saya sudah memilih untuk menularkan energi positif. Bagaimana dengan Anda?

 

Author: Aditya Sani

I would love to encourage people to read, to think and to typewrite. Founder of Midjournal.com.

6 thoughts on “Indonesia di AFF”

  1. suka banget sama blog lo ini! anyway, gw yakin indonesia bakal tetap “menang” di hati kita walaupun ngga menang aff!!๐Ÿ™‚

    yang gw sayangkan adalah kehadiran “alien-alien” politik sialan yang menganggu timnas serta waktu karantina mereka,bahkan si alien itu mendatangi ruang ganti pemain.. *sigh*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s