“Inisiatif Publik” mengapa penting?


Ini tahun berapa? 2011? Bagaimana keadaan pemerintah dari pusat sampai daerah tingkat II saat ini? Tiga pertanyaan awal barusan boleh dijawab sejujur-jujurnya, di dalam hati saja. Saya punya pertanyaan berikutnya, mohon dijawab berdasarkan jawaban atas pertanyaan awal. Masih bisakah kita berharap pada pemerintah, atau haruskah kita sebagai publik/ masyarakat/ warga negara yang berinisiatif untuk memperbaiki keadaan?

Kalau, jawaban anda atas pertanyaan saya yang terakhir itu bunyinya kira-kira begini, “Tidak perlu berharap terlalu banyak pada pemerintah, sudah saatnya kita yang memulai dan mendukung inisiatif-inisiatif publik.” silakan lanjutkan baca tulisan ini. Kalau tidak, silakan buka laman blog atau browsing soal lain.๐Ÿ™‚

Apa yang kamu rasakan ketika tahu pemerintah “keluar jalur” ketika mengimplementasikan kebijakannya? Diam? Kesal? Memendam emosi? atau … menggelar Demonstrasi? Untuk teman-teman yang masih muda dengan idealisme yang bergejolak, jawaban yang dipilih mungkin yang terakhir. Demonstrasi. Mengerahkan massa ber-bus-bus. Mengepung gedung terkait pemerintah yang bersalah. Dan lain-lain yang mirip-mirip.

Apakah Demonstrasi efektif untuk merubah implementasi kebijakan tersebut? atau apakah suara kalian didengar? Maaf ya, tidak. Suara demonstrasi yang berteriak tebal-tebal di jalan hingga kulit legam dibakar matahari itu tidak didengar. Lalu, bagaimana supaya suara kita di dengar pemerintah? Atau tidak perlu di dengar deh, yang penting merubah keadaan, sekecil apapun jangkauannya.

Ada cara untuk merubah keadaan negara ini, pelan-pelan, sedikit demi sedikit. Caranya? membuat ‘inisiatif publik’ atau boleh disebut ‘gerakan sosial’. Apa sih itu?

Sederhananya begini, Anda berkumpul dengan teman-teman Anda lakukan brainstorming, pikirkan kapasitas dan kapabilitas masing-masing, dan kolaborasikan untuk merubah keadaan di (paling tidak) lingkungan terdekat Anda atau kalau mampu, dalam skala nasional.

Mau tau contoh ‘inisiatif publik’? Banyak .. Diantaranya:

1. Coin-A-Chance: Gerakan ini bergerak dengan mengumpulkan koin-koin (yang biasanya kita anggap remeh) untuk membantu biaya pendidikan beberapa anak yang terancam putus sekolah. Di mulai oleh dua perempuan keren bernama Hanny Kusumawati dan Nia Sadjarwo yang mengkomunikasikan gerakan dengan sangat baik, hingga bisaย  mengundang banyak relawan pengumpul koin-koin dan menjalar ke kota-kota besar lainnya.

2. #koinPrita: Gerakan ini bergerak juga dengan mengumpulkan koin untuk membayar tuntutan rumah sakit OMNI Internasional atas ‘pencemaran nama baik’ yang dilakukan oleh Prita. Simpati mengalir dari penjuru negeri. Relawan datang berbondong-bondong, ingin membuktikan bahwa keadilan itu masih ada dan bukan hal yang remeh. Kebetulan, saat itu momentumnya berdekatan dengan pemilu, sehingga banyak penumpang politik yang ikut mendukung. Pun begitu, tidak masalah.

3. @IndonesiaMengajar: Gerakan ini mengajak para sarjana terbaik Indonesia untuk menjadi pengajar SD selama 1 tahun di pelosok Indonesia. Gerakan ini percaya bahwa pendidikan merupakan gerakan mencerdaskan bangsa yang harus melibatkan semua orang. Inisiator gerakan ini seorang dosen bernama Anies Baswedan yang yakin bahwa “setahun mengajar, seumur hidup menginspirasi”. Hingga hari ini, gerakan Indonesia Mengajar telah memasuki angkatan ketiga dengan ratusan sarjana terbaik yang mendaftar.

4. Indonesia Youth Conference: sebuah kegiatan yang direncanakan dan diselenggarakan oleh pemuda, yang bertujuan untuk mengumpulkan pemuda Indonesia untuk berbagi masalah dan ide, meningkatkan kepedulian mereka terhadap isu-isu terkini serta meyakinkan masyarakat bahwa suara pemuda harus didengar dan ditanggapi dengan serius. Kegiatan dibagi dalam bentuk Forum dan Festival, pada keduanya sudah berdampak positif untuk membangun cara pandang pemuda tentu saja.

Anda merasa idealis? punya banyak energi yang berlebih? daripada menggelar massa dan berdemonstrasi, lebih baik energi nya disalurkan untuk membuat inisiatif publik. Percaya pada saya, suatu hari nanti, anda bersyukur sudah saya ingatkan. Dan lebih bersyukur lagi melihat wajah mereka-mereka yang terbantu karena inisiatif baik yang anda buat.

Author: Aditya Sani

I would love to encourage people to read, to think and to typewrite. Founder of Midjournal.com.

3 thoughts on ““Inisiatif Publik” mengapa penting?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s