Menang dalam #Twitwar


Bertengkar dan beradu argumen secara online dengan medium twitter, seperti menyaksikan adu mulut di swalayan. Anda terlihat sangat konyol. Twitter tidak akan memberikan pengakuan sosial apapun. Anda hanya akan menjadi bahan perbincangan sehari-dua hari, setelah itu bahkan tetangga sebelah rumah pun tidak tahu Anda telah bertarung habis-habisan dengan siapa. Ah, bahkan tetangga sebelah rumah pun mungkin tidak tahu apakah Anda ada di twitter atau tidak. Jadi, apa gunanya menang dalam #twitwar? Yaa, tidak ada.

Tapi, tapi, tapi, kadang ada saja orang yang masih menginginkan kemenangan dalam #twitwar. Demi kesenangan pribadi. Demi twitter yang lebih berwarna. Demi gengsi yang ndak mati-mati. Begini cara menang dalam #twitwar:

1. Camkan ini baik-baik: Twitter tidak akan memberikan pengakuan sosial. Kalau Anda menginginkan pengakuan sosial, lebih baik ribut sama FBR atau FPI. Menang atau tidak, Anda akan dikenal sebagai pahlawan sosial. Hahahaha..

2. Ketika #twitwar dimulai, dan serangan datang bertubi-tubi seperti hujan dan kegalauan yang datang setiap malam minggu, sebaiknya Anda memilah-milah terlebih dahulu #tweet mana yang akan Anda reply. Selektif lah. Jangan terbawa emosi. Saran saya, #twitwar lebih enak disambi pup.

3. Lihat poin ke-2, ingat semakin banyak Anda menyerang balik, semakin banyak sasaran tembak pada pesan #tweet yang Anda luncurkan. Ibarat melempar banyak kulit pisang di lantai yang masih licin setelah di-pel. Bisa-bisa Anda terpleset jempol.

4. Lihat poin ke-2 lagi, ingat tujuan Anda melakukan #twitwar adalah agar terlihat #HEBAT, tidak akan terlihat demikian bila Anda gagal mendebat, jadi jangan terlalu cerewet ketika mereply. Pikirkan baik-baik jawaban Anda. Gunakan 1-2 pukulan yang mampu meng-KO lawan.

5. Lihat poin ke-2,3, dan 4. Kalau dilihat-lihat, daripada Anda #twitwar tak berujung, sebaiknya Anda tulis pandangan Anda tentang issue yang di #twitwar kan itu dalam sebuah Blog.

Setuju?!

Selamat berhari senin!

Author: Aditya Sani

I would love to encourage people to read, to think and to typewrite. Founder of Midjournal.com.

1 thought on “Menang dalam #Twitwar”

  1. Hahahaha… Kurang lebih aku sependapat. Yg twitwar itu jd terlihat semakin konyol di mataku. Mbok ya kalo memang pengen debat/diskusi itu mending ketemu langsung. Lebih keren. Kalo cuma di twitter semua jg bisa jd jagoan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s