#Bagaimana Bernegosiasi


Bernegosiasi itu ibarat menawar harga barang di sepanjang Malioboro. Susah-susah-mudah. Susah-susah karena salah pasang harga, Anda mungkin di caci maki oleh pedagang. Pun bernegosiasi mirip dengan berbelanja di Malioboro, tetapi sebenarnya ada perbedaan yang cukup besar dalam masalah yang menjadi kepentingan. Kalau di Malioboro, barang yang Anda negosiasikan itu jelas dan nampak di depan mata. Sementara kalau di meja perundingan / meeting room / ruang rapat / meja interview, mungkin barang yang di negosiasikan tidak kasat mata.

Lalu, lalu, lalu, #Bagaimana sih caranya bernegosiasi yang baik:

1. Anda harus tahu terlebih dahulu, apa yang menjadi target maksimum hasil negosiasi Anda dan target minimum tentu saja. Ini penting agar Anda tetap fokus pada kepentingan yang Anda bawa. Dan seburuk-buruknya hasil nantinya, Anda tetap membawa pulang sesuatu dari negosiasi tersebut.

2. Lihat poin ke-1, camkan baik-baik bahwa hasil negosiasi akan selalu berkutat pada dua hal tersebut.

3. Pelajari apakah pihak lawan memiliki keinginan/ kepentingan yang serupa dengan Anda. Level your game play. Jika tidak Anda tidak akan pernah mencapai kesepakatan, paling-paling Anda akan manyun sambil berunding.

4. Pertahankan kredibilitas Anda. Konsisten pada apa yang Anda tawarkan, ingatkan lawan bahwa apa yang Anda tawarkan adalah harga mati, tanpa bisa ditawar. Ingat konsisten! Jangan mencla-mencle, menye-menye, apalagi mellow di depan lawan.ย 

5. Lihat poin ke-4, buat mereka mempercayai apa yang Anda tawarkan, berikan alasan-alasan yang jelas dan tepat sasaran. Jangan buat mereka mengira kalau Anda bisa ditekan dan rela mengalah.

6. Anda tahu lagunya Lady Gaga yang judulnya Poker Face? Nah, coba dengarkan lagu itu berulang-ulang. Rata-rata negosiator yang baik di dunia kerja berperan sebagai Diplomat, atau Lobbyist. Mereka memiliki wajah yang dingin sedingin Don Corleone dari Godfather.

7. Jangan pasang posisi terlalu tinggi, lebih baik Anda diam dan tetap tenang. Semakin tinggi posisi Anda, semakin kecil kemungkinan negosiasi bisa Anda menangkan.

8. Bersabarlah, bersabarlah, bersabarlah. Paulo Coelho, penulis novel kesayangan saya, pernah bilang begini: “Life was always a matter of waiting for the right moment to act.

9. Sadari bahwa negosiasi sangat mungkin menjadi proses panjang yang melelahkan. Jadi, sebelum maju ke meja negosiasi, buatlah tahapan yang akan Anda lakukan. Ini juga untuk menjaga agar Anda tidak terlalu terlihat menginginkan apa yang Anda tawarkan.

10. Poin terakhir, sebelum bernegosiasi, pastikan Anda dalam kondisi emosional yang tenang. Setenang air di tengah laut dalam.

#Bagaimana sudah siap untuk negosiasi Anda hari ini?

Selamat berhari Selasa!

Author: Aditya Sani

I would love to encourage people to read, to think and to typewrite. Founder of Midjournal.com.

1 thought on “#Bagaimana Bernegosiasi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s