#Bagaimana Bekerja dengan Efektif


Eisenhower Matrix: Alat bantu untuk memutuskan prioritas kerja :p

Bekerja dengan baik, tidak sama dengan bekerja dengan efektif. Bekerja dengan keras, juga tidak sama dengan bekerja dengan pintar.Sejak tahun 2000-an, banyak eksekutif muda di Jakarta yang bila diwawancara oleh majalah bertema gaya hidup, selalu dengan bangga mengatakan, “Oh, I work hard, and play hard as well!“.

The ugly truth is, they work hard so hard up to an almost maximum level of stress because they live in effin’ Jakarta. If only they have the choice to have less salary but better place to stay, they might chose not to live in Jakarta. Now, its not enough to work hard, one should work smart to earn better living.

Kita seringkali terjebak untuk mengejar semua pekerjaan yang (secara tidak sadar) dirasa sebagai tanggung jawab pribadi. Karena (perintah) atasan secara tidak langsung mengamanatkan demikian. Padahal, tidak mungkin sebuah pekerjaan secara umum dikerjakan oleh individu. Sebuah sistem manajemen yang baik, pasti memerlukan adanya kerja kelompok yang baik. Prioritas dan pembagian kerja itu penting. Bagaimana mengelola prioritas kerja? bisa dilihat pada pada diagram Eisenhower yang terdapat di atas.

Lalu, ingat struktur manajerial dalam sebuah pekerjaan, dari level strategis hingga ke level administrasi. Bagi pekerjaan sesuai dengan prioritas kerja dan struktur manajerial. Level of trust itu sangat-sangat penting. Seperti juga Anda yang berada di level manajer, tentu Anda ingin dipercaya oleh direktur regional atau atasan Anda. Sudah barang tentu, staff yang berada dibawah supervisi Anda juga ingin dipercaya menjalankan tugasnya.

Kalau kepercayaan ada di seluruh lini manajerial, tentu pembagian tugas bisa dilakukan kepada kolega kerja, dan tugas menjadi jauh-jauh lebih ringan. Sekarang, Anda tidak perlu lagi bekerja terlalu keras, sampai rela-relanya mengerjakan pekerjaan lembur orang lain. Ya kan?

Selamat menikmati hari Rabu!

Author: Aditya Sani

I would love to encourage people to read, to think and to typewrite. Founder of Midjournal.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s