jalur gaza


Entah apa yang ada di benak Ehud Olmert ketika memberi perintah serangan yang membabi buta ke wilayah pemukiman penduduk di jalur Gaza. Kemarin siang, Olmert memberikan keterangan mengenai serangan tersebut bahwa serangan dilakukan untuk memerangi HAMAS dan bukan penduduk di pemukiman di Gaza. Namun, Israel akan menyerang siapapun mereka yang memiliki kaitan langsung dengan HAMAS, tambah Olmert.

Olmert dan seisi pemerintah Israel sedang bermain-main nampaknya. Mungkin mereka ingin menguji reaksi Internasional, dan tentu saja saudara tua Israel, Amerika Serikat. Presiden SBY meminta Dewan Keamanan mengambil langkah-langkah untuk menghentikan lontaran-lontaran bom Israel. Ban Ki Mon, sekjen PBB, telah memerintahkan gencatan senjata. Pemerintah Israel tidak ambil peduli. Hingga tadi malam, serangan yang membabi buta terus berlanjut.

Lagu perubahan yang dinyanyikan Obama pada saat kampanye, minggu ini diuji. Hanya Amerika yang mampu mematahkan dominasi kekuatan militer Israel di Timur Tengah. Amerika? Ya, negara-negara Arab terpecah belah terbagi menjadi faksi-faksi sejak Perang Teluk I, menyebabkan Timur Tengah mudah dikuasai sudut demi sudut secara geopolitik. Dan dari sekian banyak negara Arab, hanya Iran yang mungkin memiliki kekuatan besar dan non-sekuler. Masalahnya, Iran juga berpotensi untuk menyulut perang besar lainnya dengan Israel tentunya. Dendam kesumat baru yang takkan berkesudahan.

Israel punya nuklir. Israel saat ini juga memiliki teknologi paling mutakhir untuk menciptakan senjata perang. Iran juga mengembangkan hal yang sama. Demi menjaga keseimbangan kekuatan di Timur Tengah. Dunia percaya Iran tidak akan menggunakan sumber daya tersebut bila tidak terdesak. Tapi, dunia tidak akan pernah bisa percaya pada Israel. Ambisi pemerintah Israel dengan dalih holocaust di Jerman untuk berjuang merebut kembali tanah suci Jerusalem, telah mengorbankan banyak nyawa yang tidak terlibat dalam perang dan tidak memilik dendam sama sekali.

Alih-alih menghabisi HAMAS, serangan-serangan Israel yang serampangan justru menyulut api-api kecil dendam di dalam hati rakyat Palestina. Dan di keesokan hari mungkin lahir martir-martir muda HAMAS yang siap memecah kerumunan penduduk Israel.

Untuk Jihad? ย Bukan, mereka sekedar membayar trauma dan dendam atas kehilangan.

::Arsip foto-foto pasca serangan Israel ke jalur gaza::

Author: Aditya Sani

I would love to encourage people to read, to think and to typewrite. Founder of Midjournal.com.

12 thoughts on “jalur gaza”

  1. Silahkan FPI atau Laskar Jihat nya datang ke jalur GAZA.. Mr. nurdin M top, saya harapkan berjuang di sana.. jangan banyak omong dan bisa nya merusak citra indonesia dng membom negri sendiri.. dan jadilah syuhada…

  2. heran, kenapa sih mereka gak mencoba damai dan mengurangi perang? tapi ada yang bilang ini semacam ujian buat obama yang akan dilantik sebentar lagi…๐Ÿ˜•

  3. ini kuncinya sebenarnya di Amerika dan para lobyist jewish di senat dan pemerintahan mereka.. Selama mereka masih tutup mata, Palestina akan selalu jadi sasaran sangsak Israel…

  4. saya turut berduka untuk Palestina. mari kita lihat bagaimana Obama menyikapi semua ini di 2009 nanti๐Ÿ™‚ apakah dia juga akan mengambil keputusan yang populer? atau sebaliknya?

  5. israel pasti begitu, kalo udah marah membabi buta, bukan tindakan yang ideal — dan cenderung bikin kesel. hamas di satu sisi juga ga elegan. mereka sering bikin markas di belakang sekolah, rumah sakit dan area publik lain. Ga masalah selama cuma jadi markas, lha tempat itu dipake buat meluncurkan misil dan rudal, kemudian dibaca radar satelit israel, jadilah rudal counter israel menghantam anak2๐Ÿ˜ฆ

  6. @ iman brotoseno: masalahnya mas, sepertinya para lobyist yahudi di senat sudah mengontrak Obama untuk ‘diam’ soal konflik Israel-Palestina..

    @ hanny: mudah2an Obama punya kebijakan luar negeri yang agresif, seperti AS biasanya, tapi kali ini agresif terhadap pemerintah Israel..sekali-sekali gpp kali ya.. hahaha

    @ hedy: nah, itu kang, orang-orang HAMAS tu nakal-nakal..naro peluncur misil di lokasi-lokasi yang sensitif (berisi perempuan dan anak2), dan rata-rata padat penduduk..mereka juga kadang mancing Israel, dan pastinya Israel makan umpan dgn senang hati..

  7. HAMAS menggunakan MANUSIA Sebagai tameng, untk memancing amarah dari ISRAEL. Yang dibilang salah sebnarnya siapa? Perang menggunakan senjata MANUSIA Masuk akal tidak. Sangat keterlaluan YA, Kasih mereka yang dijadikan UMPAN untuk PERANG. Jangan menutup mata untuk satu pihak, lihakt lebih jauh lagi.

  8. yup…setuju banget ma komen yang terdahulu…
    Mending kita jihad aja kesana.. ngga salah kan?
    Walo pun kaya gini saya pribadi tidak setuju dengan apa yang terjadi sekarang…
    Amerika sangat memalukan,sangat ..sangat … memalukan. Dan saya lebih salut lagi buat Front ato organisasi yang katanya membela islam di indonesia, pada kemana tu orang2..?
    saya sangat setuju dengan komen @fadjarlara…

  9. Sepertinya suara the elected president of the United States yang gak kedengaran karena dia lagi liburan ke Hawai…

    Capek Pemilu kemaren kali…๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s